Sponsored

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Tayangan Halaman

Arti Bintik dan Garis/ bercak Putih di Kuku

Minggu, 23 Desember 2012

Jakarta, Kadang seseorang mengartikan bintik atau garis putih di kuku sebagai tanda ada orang yang naksir atau justru benci dengan dirinya. Sebenarnya apa arti dari tanda putih yang ada di kuku tangan maupun kaki?
Tanda putih yang muncul di kuku bisa membuat seseorang bertanya-tanya apa penyebabnya, karena sebagian besar orang tidak menyadari sebabnya hingga tiba-tiba muncul tanda putih di kuku.
Salah satu penyebab paling umum dari munculnya bintik-bintik putih di kuku tangan atau kaki adalah suatu kondisi yang disebut dengan leukonychia, seperti dikutip dari Health.Howstuffworks, Rabu (28/9/2011).
Meskipun namanya terdengar cukup serius, tapi kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Ada juga orang yang berpikir hal ini karena adanya kekurangan nutrisi tertentu seperti kalsium atau zinc, walaupun tidak selamanya benar.
Pada kenyataannya, kondisi ini paling sering terjadi akibat trauma ringan atau sedang pada kuku. Pertumbuhan kuku cenderung sangat lambat, karenanya orang mungkin tidak menyadari cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya hingga akhirnya muncul tanda atau bintik putih di kuku.
Umumnya kondisi ini tidak memerlukan pengobatan apapun dan akan hilang jika seseorang memotong kuku saat ia sudah bertambah panjang. Tanda putih ini tidak akan kembali lagi kecuali terjadi trauma kembali.
Tanda putih ini bisa terjadi di satu atau beberapa kuku sekaligus. Kemungkinan lain dari penyebab kondisi ini adalah tanda dari adanya infeksi ringan, alergi atau efek samping dari beberapa obat tertentu.
Jika hampir semua kuku menunjukkan ada titik atau garis putih, maka kemungkinan leukonychia ini berhubungan dengan kondisi lain yang lebih serius seperti anemia (kekurangan sel darah merah). Jika memang mengkhawatirkan tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

0 comments:

Voucher iklan autosubmit iklan murah
Voucher iklan autosubmit iklan murah

Entri kesehatan ter-Populer