Sponsored

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Tayangan Halaman

Tips Mempercepat Janin Masuk ke Rongga Panggul

Minggu, 08 Maret 2015

Usia kehamilan Anda sudah memasuki minggu ke 35, Mam? Pada usia kehamilan ini, diharapkan si Kecil sudah siap dilahirkan dengan posisi kepala di bawah dan sudah masuk ke rongga panggul. Nah, itu artinya tidak lama lagi Anda akan menghadapi proses persalinan. Namun, bagaimana jika kepala bayi sudah di posisi bawah, tapi belum juga masuk ke rongga panggul? Jangan cemas Mam, di bawah ini ada beberapa tips mengatasinya:

- Rajin berolahraga
  • Lakukanlah gerakan jongkok-berdiri secara rutin setiap pagi dan sore dengan berpegangan di tempat tidur atau benda yang kuat menahan beban badan. Lakukan gerakan ini sebanyak 5–8 hitungan ya, Mam.
  • Lakukanlah olahraga jalan kaki untuk mendukung gerakan bayi masuk rongga panggul. Sediakan waktu selama 20–30 menit setiap hari untuk berjalan kaki.
  • Ikutilah kelas senam hamil, yoga, atau pilates. Instruktur senam pasti akan membimbing Anda melakukan gerakan untuk membantu mendorong bayi masuk rongga panggul. Misalnya, Anda bisa mencoba gerakan duduk bersila dengan kedua telapak kaki menyatu (gaya yoga) atau duduk di atas pilates dengan mengoyang-goyangkan pinggul (gaya pilates) .
- Sering nungging
  • Lakukanlah posisi nungging untuk memutar posisi kepala janin, bahkan hingga masuk panggul. Atur posisi nungging dengan dada menempel pada matras atau kasur, miringkan wajah, dan lebarkan kaki. Lakukan posisi ini sebanyak 2x sehari selama 10–15 menit.
  • Lakukan kegiatan mengepel lantai dengan banyak jongkok dan mengangkat ember (yang tidak terlalu berat) bisa juga mempercepat si Kecil masuk rongga panggul.
  • Lakukan gerakan sujud dalam salat. Gerakan ini juga bermanfaat agar posisi si Kecil masuk ke rongga panggul. Anda bisa memperlama gerakan sujud ini ketika salat.
- Mengajak bicara
Komunikasi yang terjalin antara Anda dengan si Kecil di dalam kandungan diyakini dapat mempererat ikatan batin antara orangtua dan anak. Karena itu, Anda bisa meminta bayi Anda untuk masuk ke rongga panggul sebagai jalan lahirnya. Cobalah untuk berbicara dengan si Kecil ya, Mam, sambil mengelus perut Anda, seperti “Ayo Sayang, bantuin Mama cari jalan lahir ya biar kamu cepat lahir dengan normal nanti”.

Guna mengetahui kondisi bayi sudah masuk panggul atau belum, Anda perlu melakukan pemeriksaan USG. Bahkan, dengan meraba perut Anda pun biasanya dokter atau bidan sudah bisa mengetahui hal tersebut. Nah, Anda sendiri perlu mengetahui tanda-tanda yang dapat Anda rasakan ketika bayi Anda sudah masuk panggul, seperti:
  • tidak nyaman pada bagian panggul bawah
  • semakin sering buang air kecil
  • susah buang air besar
Persalinan normal ditandai dengan sudah masuknya kepala bayi ke dalam rongga panggul. Jika usia kehamilan Anda sudah 35 minggu, segera periksakan kondisi bayi untuk mengetahui kesiapannya masuk ke jalan lahir. Tips di atas dapat Anda lakukan untuk mempercepat posisi bayi masuk ke jalan lahir. Semoga bermanfaat.
Sumber: ibudanmama.com

0 comments:

Voucher iklan autosubmit iklan murah
Voucher iklan autosubmit iklan murah

Entri kesehatan ter-Populer